Tuesday, 22 May 2018

Manfaat mendengarkan musik sambil belajar forex


Mendengarkan musik ternyata dapat meningkatkan kemampuan belajar anak. Bacalah untuk mengetahui lagu apa yang tepat untuk setiap mata pelajaran. Manfaat mendengarkan musik sambil belajar ternyata di luar dugaan Mendengarkan musik ternyata dapat meningkatkan kemampuan belajar anak. Bacalah untuk mengetahui lagu apa yang tepat untuk setiap mata pelajaran. Ternyata, mendengarkan musik bukan hanya untuk membuat kita senang. Menurut psikolog klinis Dr. Emma Gray, mendengarkan musik sambil belajar dapat meningkatkan efektifitas belajar. Dr Emma bersama dengan Spotify, sebuah perusahaan layanan musik digital, melakukan penelitian terhadap pelajar-pelajar yang mendengarkan musik sambil belajar. Bukan hanya musik klasik, tetapi musik-musik pop terbarupun memiliki dampak pada beberapa mata pelajaran tertentu. 1. Pelajaran IPA, IPS e Bahasa Indonesia Pelajaran IPA, IPS e Bahasa memerlukan kemampuan untuk memproses informasi faktual dan menyelesaikan masalah. Untuk pelajaran-pelajaran tersebut, kita lebih menggunakan otak bagian kiri. Bila anak mendengarkan musik dengan irama 50-80 ketukan por menit, musik lembut tersebut akan menenangkan otak sehingga anak dapat lebih berpikir logis dan mengingat fakta baru. Sarankan anak untuk mendengarkan musik seperti Man Down (Rihanna), Halo (Beyoncé), Breakin8217 Up (Gwen Stefani), Wide Awake (Katy Perry) dan sejenisnya ketika mempelajari pelajaran-pelajaran tersebut di atas. 2. Pelajaran Matematika Manfaat musik klasik memang tak perlu diragukan. Mendengarkan musik klasik yang memiliki irama 60-70 ketukan por menit yang dapat membantu anak belajar lebih lama dan menyerap lebih banyak informasi. Variasi melodi dan nada pada musik klasik menciptakan kondisi yang kondusif ketika anak belajar matematika. Statistik menunjukkan bahwa pelajar yang mendengarkan musik klasik saat belajar matematika memiliki nilai ujian 12 lebih tinggi daripada pelajar yang tidak melakukannya. Ketika diuji coba kepada pelajar-pelajar de berbagai tingkatan kelas, hasilnya sama. Contoh musik klasik dengan irama 60-70 ketukan por menit. Fur Elise (Ludwig van Beethoven), Largo (George Frideric Handel), Waltz in D Flat Major (Chopin), Swan Lake (Pyotr Ilyich Tchaikovsky), dsb. 3. Bahasa Inggris dan Kesenian Otak kanan memproses pemikiran yang original dan kreatif. Peneliti menyimpulkan bahwa mendengarkan musik pop dan rock yang menggugah emosi dapat menimbulkan rasa senang serta menambah kemampuan artistik. Perdengarkan lagu-lagu semacam Fogo de artifício (Katy Perry), Diamonds (Rihanna), I Can8217t Get No Satisfaction (Rolling Stones), dsb ketika anak belajar bahasa Inggris dan kesenian Cobalah praktekkan hal ini selama beberapa minggu dan perhatikan apakah musik benar-benar bermanfaat untuk Anak AndaA. Latar Belakang Adanya remaja yang masih duduk di bangku sekolah yang merasa jenuh saat mempelajari pelajaran sekolah pada saat dirumah. Kejenuhan itu dapat terlihat pada saat remaja tersebut belajar pelajaran sekolah dimalam hari yang merasa kurang bersemangat untuk belajar. Hal ini membuat remaja tersebut meninggalkan belajar dimalam hari dengan alasan mereka merasa kelelahan dengan rutinitas yang sudah dijalani selama seharian. Kebiasaan remaja yang meninggalkan kewajibannya sebagai seorang pelajar yaitu belajar terutama belajar dimalam hari untuk menyiapkan materi yang akan diterimanya di sekolah keesokan harinya. Remaja terkadang lebih memilih bermain, tidur atau melakukan hal lain selain belajar dimalam hari untuk pelajaran sekolah esokan harinya, walaupun mereka mengetahui bahwa besok ada tugas atau ulangan di sekolah yang akan dilaksanakan. Kejenuhan dan lebih memilihnya bermain dari pada belajar tersebut, membuat nilai di sekolah mereka menurun akibat tidak pernah belajar untuk ulangan dan tidak mengerjakan tugas dari sekolah di rumah hanya karena mereka merasa jenuh untuk belajar pelajaran sekolah untuk besok. Bayangkan jika para calon generasi penerus bangsa tersebut lebih memilih bermain dan beralasan kelelahan atau merasa jenuh disaat mereka belajar Apakah bisa bangsa ini menjadi bangsa yang lebih maju diari Sekarang Melihat permasalahan diatas, muncul sebuah gagasan yang bisa membantu remaja untuk mengatasi kejenuhan pada saat belajar. Gagasan tersebut muncul dengan memanfaatkan sesuatu yang dekat dengan lingkungan remaja. Musik adalah salah satu instrumen yang sudah tidak como restante de ditelinga. Tidak Hanya remaja saja yang mengetahui tentang musik, semua orang pun mengetahui musik. Sifat musik yang umum (universal) membuat musik tidak asing ditelinga manusia. Mulai dari anak-anak hingga dewasa mengenalinya. Musik adalah bunyi yang teratur, memiliki nada, beat from irama. Musik dapat menjadi penghibur sentou-se dalam kesedihan, musik dapat memotivasi semangat dalam masa perjuangan, musik dapat menjadi sarana ungkapan cinta kepada sang kekasih, musik dapat mengrenggangkan pikiran saat menghadapi kepenatan hidup. Musik menurut Aristoteles mempunyai kemampuan mendamaikan hati yang gundah, mempunyai terapi rekreatif dan menumbuhkan jiwa patriotisme (wikipedia. org) Pada dasarnya musik adalah sebuah bentuk aktivitas manuscrito yang mempunyai maksud tertentu, setidaknya musik meliputi tiga komponen yaitu komponis, produk musikal yang dihasilkannya, dan aktivitas Dimana komponis tersebut membuat produk musikal. Komponis membuat sesuatu (musik), berada dalam konteks yang spesifik. Artinya bahwa ketika komponis mengeluarkan ide, akan dipengaruhi oleh konteks tertentu, seperti yang telah disebutkan di atas, bisa dilihat dari tujuannya, para pendengarnya, tempatnya atau waktunya Remaja em vez de musik sudah sangat dekat sekali, remaja sekarang mengaku bahwa musik dapat membuat jiwa mereka tenang. Berbagai aliran musik mulai dari musik klasik, gospel, jazz, blues, funk, rock, pop, ska, reggae, dub hingga hip-hop rap dan rapcore sudah melekat di telinga remaja sekarang. Instrumento Alunan jenis musik yang beragam tersebut dapat membuat remaja lebih bersemangat. (Wikipedia. org) Kenyataan lain menunjukkan, bahwa sebagian remaja mengatakan bahwa hidup tanpa musik sangat hampa. Banyak dari mereka yang menggunakan musik sebagai alat penenang pikiran, penyalur inspirasi dan tempat untuk mengekspresikan sesuatu. B. Rumusan Masalah 1. Bagaimanakah membuat suatu inovasi baru yang membuat remaja yang masih duduk di bangku sekolah tidak jenuh pada saat belajar dirumah dan lebih memilih belajar dirumah dibandingkan dengan bermain atau melakukan kegiatan lain selain belajar C. Tujuan Penelitian 1. Menemukan suatu inovasi baru Untuk membuat remaja tidak jenuh dalam belajar pelajaran sekolah diluar sekolah. 2. Mengetahui alasan remaja merasa jenuh pada saat belajar D. Manfaat Penelitian Keberhasilan penelitian ini akan memberi manfaat baik secara teoritis maupun praktis. 1. Secara teoritis dapat menambah informasi tentang manfaat musik bagi remaja yang kesulitan belajar. 2. Secara praktis, dapat memanfaatkan musik sebagai inovasi baru yang dapat membantu remaja untuk membunuh rasa jenuh dan kurang bersemangat pada saat belajar. BAB II Metode Penelitian A. Metode Penelitian Dalam penelitian ini, digunakan metode wawancara secara langsung kepada narasumber. Metode wawancara ini berguna untuk proses pengumpulan data yang diperlukan. Penelitian ini membutuhkan populasi dan sampel sebagai langkah awal sebelum melaksanakan dados do pencarian dengan menggunakan metode wawancara secara langsung kepada narasumber. Setelah menentukan populasi dan sampel, barulah penyusunan angket berupa pertanyaan-pertanyaan kepada narasumber dirancang. Pembuatan angket pada penelitian ini berfungsi pada proses pengumpulan dados baik secara indivíduo maupun secara berkelompok. Pembuatan angket dapat mempermudah untuk mencari data. Setelah angket beserta jawaban dari narasumber didapat, barulah penelitian ini dilanjutkan dengan menganalisis jawaban dib narasumber dengan mencari banyaknya remaja yang mendengar dan tidak mendengar musik pada saat belajar. Setelah menganalisis dados yang diperoleh dari wawancara yang dilakukan secara langsung kepada narasumber, barulah penelitian ini dapat diketahui hasilnya dan dapat menentukan kesimpulan dari penelitian ini. B. Menentukan Populasi dan Sampel Penelitian ini menggunakan populasi dan sampel sebagai contoh. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah pelajar Sekolah Menengah Pertama di kota Mojokerto. Penelitian ini mengambil sampel dengan jumlah 10 (sepuluh) orang pelajar yang terdiri di 8 (delapan) pelajar dari siswa kelas 9 di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 kota Mojokerto dan 2 (dua) pelajar dari siswa kelas 9 Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 kota Mojokerto. C. Perancangan dan Pelaksanaan Penelitian Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 8211 31 de outubro de 2008. Penelitian ini dirancang secara individu dengan tempat pelaksanaan penelitian di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 kota Mojokerto serta di rumah. D. Instrumen Penelitian 1. Apakah kamu pernah merasa jenuh pada saat belajar Berikan alasannya 2. Apakah kamu pernah belajar dengan mendengarkan musikberikan alasannya 3. Aliran musik apa yang kamu dengarkan pada saat belajar dengan mendengar musik 4. Mengapa kamu memilih aliran musik tersebut 5. Apakah manfaat dari musik pada saat kamu belajar 6. Darimana kamu mendengarkan musik pada saat belajar 5. Pelajaran apa yang tepat untuk belajar sambil mendengar musik 6. Apakah bisa meresap pelajaran yang kamu pelajari dengan mendengar musik 8. Apakah kamu merasa lebih bersemangat belajar jika mendengar Musik E. Data dan Instrumen Penelitian Dari sepuluh (10) sampel yang ada dalam penelitian ini, semua sampel tersebut mengatakan bahwa mereka sering mengalami kejenuhan pada saat belajar. Ada berbagai alasan yang membuat rasa kejenuhan pada saat mereka belajar timbul, seperti mereka hanya melihat bacaan pada buku pelajaran, suasana pada saat mereka belajar kurang menarik, karena tidak bisa memahami pelajaran dan munculnya anggapan bahwa belajar itu membosankan karena harus membacanya. Sepuluh sampel tersebut mengatakan bahwa mereka pernah mendengarkan musik pada saat belajar. Rata-rata dari mereka memberi alasan mendenagarkan musik pada saat belajar sebagai hiburan untuk menghilangkan rasa jenuh dan ada yang berpendapat bahwa tidak dapat belajar ditempat yang sepi. Aliran musik yang mereka dengar pada saat belajar ada yang menyebutkan aliran musik klasik, pop, pop mellow coreia, jazz dan rap. Untuk alasan mengapa memilih jenis aliran tersebut, mereka memiliki jawaban masing-masing, seperti beralasan bahwa aliran musik tersebut enak untuk didengar, dekat dengan remaja, dapat memunculkan inspirasi, karena menyukai aliran tersebut, tidak terdapatnya kata-kata pada musik klasik dan sebagai alat penyantai Untuk belajar. Manfaat musik pada saat belajar menurut mereka rata-rata menjawab untuk menghilangkan rasa jenuh dan dapat fokus pada pelajaran. Mereka mendengarkan musik di Media Player 3 (MP3) di Handphone e rádio. Pelajaran menurut mereka yang tepat untuk belajar dengan mendengar musik adalah matematika, fisika, biologi, sejarah, geografi, ekonomi, bahasa inggris dan komputer. Ada beberapa sampel yang mengatakan bahwa pelajaran yang dipelajari dengan mendengarkan musik terkadang dapat masuk ke otak, terkadang juga tidak masuk ke otak dan sesuai dengan perasaan mereka. Kesepuluh sampel tersebut mengaku bahwa belajar dengan mendengarkan musik dapat membuat semangat untuk belajar. F. Tekhnik Analisis Dados Berdasarkan wawancara dengan 10 (sepuluh) pelajar yang menjadi sampel dalam peniitian ini, dados de diperoleh presentes de berupa hasil: 1. Apresentar banyaknya sampel yang merasa jenuh saat belajar: Banyak sampel yang merasa jenuh. Jumlah sampel x 100 10. 10 x 100 100 2. Apresentar banyaknya sampel yang mendengarkan musik saat belajar: Banyak sampel yang mendengarkan musik. Jumlah sampel x 100 10. 10 x 100 100 3. Apresentar banyaknya sampel yang dapat menyerap pelajaran dengan mendengar musik: Banyak sampel yang bisa menyerap pelajaran. Jumlah sampel x 100 5. 10 x 100 50 4. Apresentação banyaknya sampel yang terkadang dapat dan tidak dapat menyerap pelajaran dengan musik: Banyak sampel yang dapat dan tidak menyerap pelajaran. Jumlah sampel x 100 2. 10 x 100 20 5. Apresentação banyaknya sampel yang menyerap tidaknya pelajaran yang tergantung dengan pelajaran yang dipelajari: Banyak sampel tergantung pada pelajarannya. Jumlah sampel x 100 1. 10 x 100 10 6. Apresentação banyaknya sampel yang menyerap tidaknya pelajaran yang sesuai dengan suasana hati: Banyak sampel yang tergantung pada suasana hati. Jumlah sampel x 100 1. 10 x 100 10 7. Apresentação banyaknya sampel yang tidak dapat menyerap pelajaran dengan mendengarkan musik: Banyak sampel yang tidak dapat menyerap pelajaran. Jumlah sampel x 100 1. 10 x 100 10 8. Apresentação banyaknya sampel yang merasa bersemangat belajar dengan mendengarkan musik: Banyak sampel yang bersemangat belajar. Jumlah sampel x 100 10. 10 x 100 100 BAB III Hasil Penelitian Penelitian ini menghasilkan dados bahwa banyak remaja yang merasa jenuh pada saat belajar dan mendengarkan musik pada saat belajar. Musik terbukti membuat remaja lebih bersemangat belajar. Sebanyak 100 dari sampel mengatakan, bahwa belajar diluar sekolah menimbulkan rasa jenuh dan kurang bersemangat. Musik dapat membantu mereka dalam mengusir rasa jenuh pada saat belajar dan menciptakan rasa semangat untuk belajar kembali. Dari wawancara yang dilakukan, diperoleh fakta bahwa musik dapat membuat remaja bersemangat dalam belajar. Sebanyak 50 dari sampel mengungkapkan bahwa pelajaran yang dipelajari dengan menggunakan musik dapat meresap ke dalam otak. Sedangkan, 50 lainnya dari sampel mengungkapkan bahwa pelajaran yang dipelajari dengan mendengarkan musik terkadang dapat masuk ke otak dan terkadang juga tidak, sesuai dengan suasana hati, sesuai dengan pelajaran yang sedang dipelajari dan tidak masuk ke dalam otak. Hal ini membuktikan bahwa musik sangat berpengaruh pada kehidupan remaja. Musik juga sangat berpengaruh dalam kegiatan belajar remaja yang masih duduk dibangku sekolah yang merasakan jenuh. Selain itu, musik juga berfungsi sebagai pembangkit semangat belajar remaja yang hilang karena timbulnya rasa kejenuhan pada diri remaja. A. Kesimpulan Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa musik membuat remaja merasa bersemangat pada saat belajar dengan menggunakan musik dengan berbagai macam aliran musik yang menurut mereka dapat membantu menghilangkan rasa jenuh dan memberi semangat untuk belajar. B. Saran Masih diperlukan beberapa penelitian lebih lanjut mengenai seberapa bergantungnya remaja dengan dunia musik dalam kehidupannya. Daftar Pustaka 1. wikipedia. org Lampiran Wawancara yang dilakukan kepada 10 sampel pada penelitian ini: 1. Sampel pertama (Siswa kelas 9 SMPN 2 Kota Mojokerto) a. Apakah kamu pernah merasa jenuh pada saat belajar Berikan alasannya b. Pernah, karena belajar hanya melihat bacaan yang ada di buku pelajaran a. Apakah kamu pernah belajar dengan mendengarkan musikberikan alasannya b. Pernah, karena musik dapat menghilangkan rasa jenuh agar dapat lebih focus belajar a. Aliran musik apa yang kamu dengarkan pada saat belajar dengan mendengar musik b. Klasik a. Mengapa kamu memilih aliran musik tersebut b. Karena aliran musiknya nyaman untuk didengar dan tidak ada kata-katanya a. Apakah manfaat dari musik pada saat kamu belajar b. Untuk menghilangkan rasa jenuh a. Darimana kamu mendengarkan musik pada saat belajar b. Dari Media Player 3 (MP3) di Handphone a. Pelajaran apa yang tepat untuk belajar sambil mendengar musik b. Matematika a. Apakah bisa meresap pelajaran yang kamu pelajari dengan mendengar musik b. Terkadang masuk dan tidak a. Apakah kamu merasa lebih bersemangat belajar jika mendengar musik b. Ya 2. Sampel kedua (Siswa kelas 9 SMPN 2 Kota Mojokerto) a. Apakah kamu pernah merasa jenuh pada saat belajar Berikan alasannya b. Pernah, karena suasana belajar kurang menarik a. Apakah kamu pernah belajar dengan mendengarkan musikberikan alasannya b. Pernah, karena bisa menghilangkan rasa jenih a. Aliran musik apa yang kamu dengarkan pada saat belajar dengan mendengar musik b. Pop a. Mengapa kamu memilih aliran musik tersebut b. Karena aliran musiknya enak didengar a. Apakah manfaat dari musik pada saat kamu belajar b. Untuk membantu agar pelajaran yang dipelajari dapat masuk ke otak a. Darimana kamu mendengarkan musik pada saat belajar b. Radio dan Media Player 3 (MP3) a. Pelajaran apa yang tepat untuk belajar sambil mendengar musik b. Fisika, biologi, sejarah, ekonomi dan geografi a. Apakah bisa meresap pelajaran yang kamu pelajari dengan mendengar musik b. Terkadang masuk dan tidak a. Apakah kamu merasa lebih bersemangat belajar jika mendengar musik b. Ya 3. Sampel ketiga (Siswa kelas 9 SMPN 2 Kota Mojokerto) a. Apakah kamu pernah merasa jenuh pada saat belajar Berikan alasannya b. Ya, karena hanya melihat dan membaca buku pelajaran saja a. Apakah kamu pernah belajar dengan mendengarkan musikberikan alasannya b. Pernah, membuat belajarnya lebih santai a. Aliran musik apa yang kamu dengarkan pada saat belajar dengan mendengar musik b. Pop a. Mengapa kamu memilih aliran musik tersebut b. Karena aliran musiknya dekat dengan remaja a. Apakah manfaat dari musik pada saat kamu belajar b. Untuk membuat suasana belajar menjadi santai a. Darimana kamu mendengarkan musik pada saat belajar b. Radio dan VCD a. Pelajaran apa yang tepat untuk belajar sambil mendengar musik b. Bahasa Inggris a. Apakah bisa meresap pelajaran yang kamu pelajari dengan mendengar musik b. Sesuai dengan suasana hati a. Apakah kamu merasa lebih bersemangat belajar jika mendengar musik b. Ya 4. Sampel keempat (Siswa kelas 9 SMPN 2 Kota Mojokerto) a. Apakah kamu pernah merasa jenuh pada saat belajar Berikan alasannya b. Ya, karena malas a. Apakah kamu pernah belajar dengan mendengarkan musikberikan alasannya b. Pernah, agar tidak jenuh a. Aliran musik apa yang kamu dengarkan pada saat belajar dengan mendengar musik b. Coréia do Sul mellow a. Mengapa kamu memilih aliran musik tersebut b. Karena suka musik Korea a. Apakah manfaat dari musik pada saat kamu belajar b. Untuk membuat suasana belajar menjadi santai a. Darimana kamu mendengarkan musik pada saat belajar b. Dari komputer a. Pelajaran apa yang tepat untuk belajar sambil mendengar musik b. Ekonomi a. Apakah bisa meresap pelajaran yang kamu pelajari dengan mendengar musik b. Tidak dapat masuk ke otak a. Apakah kamu merasa lebih bersemangat belajar jika mendengar musik b. Ya 5. Sampel kelima (Siswa kelas 9 SMPN 2 Kota Mojokerto) a. Apakah kamu pernah merasa jenuh pada saat belajar Berikan alasannya b. Ya, karena tidak ada hiburannya a. Apakah kamu pernah belajar dengan mendengarkan musikberikan alasannya b. Pernah, karena dengan musik dapat menambah semangat untuk belajar a. Aliran musik apa yang kamu dengarkan pada saat belajar dengan mendengar musik b. Pop, jazz a. Mengapa kamu memilih aliran musik tersebut b. Karena musiknya enak didengar dan memberikan inspirasi a. Apakah manfaat dari musik pada saat kamu belajar b. Menambah semangat untuk belajar a. Darimana kamu mendengarkan musik pada saat belajar b. Dari Media Player 3 (MP3) dan rádio a. Pelajaran apa yang tepat untuk belajar sambil mendengar musik b. Komputer a. Apakah bisa meresap pelajaran yang kamu pelajari dengan mendengar musik b. Bisa a. Apakah kamu merasa lebih bersemangat belajar jika mendengar musik b. Ya 6. Sampel keenam (Siswa kelas 9 SMPN 2 Kota Mojokerto) a. Apakah kamu pernah merasa jenuh pada saat belajar Berikan alasannya b. Ya, karena belajar membosankan karena harus baca a. Apakah kamu pernah belajar dengan mendengarkan musikberikan alasannya b. Pernah, karena membuat senang a. Aliran musik apa yang kamu dengarkan pada saat belajar dengan mendengar musik b. Pop a. Mengapa kamu memilih aliran musik tersebut b. Karena musiknya enak didengar a. Apakah manfaat dari musik pada saat kamu belajar b. Membuat pelajaran lebih masuk ke otak a. Darimana kamu mendengarkan musik pada saat belajar b. Radio a. Pelajaran apa yang tepat untuk belajar sambil mendengar musik b. Sejarah dan Fisika a. Apakah bisa meresap pelajaran yang kamu pelajari dengan mendengar musik b. Bisa a. Apakah kamu merasa lebih bersemangat belajar jika mendengar musik b. Ya 7. Sampel ketujuh (Siswa kelas 9 SMPN 2 Kota Mojokerto) a. Apakah kamu pernah merasa jenuh pada saat belajar Berikan alasannya b. Ya, karena belajar membosankan karena harus baca a. Apakah kamu pernah belajar dengan mendengarkan musikberikan alasannya b. Pernah, karena membuat senang a. Aliran musik apa yang kamu dengarkan pada saat belajar dengan mendengar musik b. Rap a. Mengapa kamu memilih aliran musik tersebut b. Karena musiknya enak didengar a. Apakah manfaat dari musik pada saat kamu belajar b. Menghilangkan rasa jenuh a. Darimana kamu mendengarkan musik pada saat belajar b. Radio a. Pelajaran apa yang tepat untuk belajar sambil mendengar musik b. Matematika a. Apakah bisa meresap pelajaran yang kamu pelajari dengan mendengar musik b. Bisa a. Apakah kamu merasa lebih bersemangat belajar jika mendengar musik b. Ya 8. Sampel kedelapan (Siswa kelas 9 SMPN 2 Kota Mojokerto) a. Apakah kamu pernah merasa jenuh pada saat belajar Berikan alasannya b. Ya, karena tidak bisa memahami pelajarannya a. Apakah kamu pernah belajar dengan mendengarkan musikberikan alasannya b. Pernah, karena membuat belajarnya terasa santai a. Aliran musik apa yang kamu dengarkan pada saat belajar dengan mendengar musik b. Pop a. Mengapa kamu memilih aliran musik tersebut b. Karena musiknya enak didengar a. Apakah manfaat dari musik pada saat kamu belajar b. Menghilangkan rasa jenuh a. Darimana kamu mendengarkan musik pada saat belajar b. Radio a. Pelajaran apa yang tepat untuk belajar sambil mendengar musik b. Fisika dan Biologi a. Apakah bisa meresap pelajaran yang kamu pelajari dengan mendengar musik b. Tergantung pelajaran apa yang dipelajari a. Apakah kamu merasa lebih bersemangat belajar jika mendengar musik b. Ya 9. Sampel kesembilan (Siswa kelas 9 SMPN 1 Kota Mojokerto) a. Apakah kamu pernah merasa jenuh pada saat belajar Berikan alasannya b. Ya, karena tidak bisa memahami pelajarannya a. Apakah kamu pernah belajar dengan mendengarkan musikberikan alasannya b. Pernah, karena tidak bisa belajar ditempat yang sepi a. Aliran musik apa yang kamu dengarkan pada saat belajar dengan mendengar musik b. Pop a. Mengapa kamu memilih aliran musik tersebut b. Karena musiknya enak didengar a. Apakah manfaat dari musik pada saat kamu belajar b. Menyeimbangkan antara otak kanan dan kiri a. Darimana kamu mendengarkan musik pada saat belajar b. Media Player 3 (MP3) di Handphone a. Pelajaran apa yang tepat untuk belajar sambil mendengar musik b. Fisika, Biologi, Sejarah, Ekonomi, Geografi e Bahasa Inggris a. Apakah bisa meresap pelajaran yang kamu pelajari dengan mendengar musik b. Bisa a. Apakah kamu merasa lebih bersemangat belajar jika mendengar musik b. Ya 10. Sampel kesepuluh (Siswa kelas 9 SMPN 1 Kota Mojokerto) a. Apakah kamu pernah merasa jenuh pada saat belajar Berikan alasannya b. Ya, karena suasana belajar yang kurang menarik a. Apakah kamu pernah belajar dengan mendengarkan musikberikan alasannya b. Pernah, untuk hiburan pada waktu belajar a. Aliran musik apa yang kamu dengarkan pada saat belajar dengan mendengar musik b. Pop a. Mengapa kamu memilih aliran musik tersebut b. Karena musiknya enak didengar a. Apakah manfaat dari musik pada saat kamu belajar b. Untuk hiburan pada waktu belajar agar tidak jenuh a. Darimana kamu mendengarkan musik pada saat belajar b. Media Player 3 (MP3) di Handphone a. Pelajaran apa yang tepat untuk belajar sambil mendengar musik b. Matematika a. Apakah bisa meresap pelajaran yang kamu pelajari dengan mendengar musik b. Bisa a. Apakah kamu merasa lebih bersemangat belajar jika mendengar musik b. Ya Manfaat Musik Pada Proses Belajar Remaja

No comments:

Post a Comment